pengertian dan manfaat point of sales
Bisnis Info Menarik Review

Point of Sales: Pengertian Beserta Manfaatnya

Seiring berkembangnya zaman, dunia sistem informasi juga terus mengalami perubahan mengikuti kebutuhan kerja manusia yang kompleks. Salah satu contohnya ialah sistem informasi yang membantu dalam kebutuhan transaksi penjualan bisnis, yakni Point of Sales.

Fungsi dari sistem informasi ini tak hanya sekadar memproses transaksi penjualan, melainkan juga sebagai bagian terpenting dalam operasional sebuah usaha. Point of Sales (POS) sendiri memiliki pengertian suatu sistem yang digunakan dalam kebutuhan berbagai macam usaha bisnis ritel, gunanya untuk mempermudah proses transaksi jual beli secara cepat, aman dan sistematis.

Bisa dibilang, POS termasuk versi modern dari mesin kasir konvensional yang saat ini juga masih sering digunakan pada beberapa toko atau usaha. Point of Sales sudah banyak diaplikasikan pada berbagai jenis usaha, meliputi UMKM, barbershop hingga laundry.

Perbedaan POS modern dan versi konvensional ialah penggunaan perangkat teknologi berbasis Android atau iOS dengan sistem pendukung yang jauh lebih canggih. Ada pula yang memakai perangkat khusus yang sering disebut sebagai terminal dengan konektivitas menggunakan printer bluetooth secara wireless.

Manfaat Adanya Point of Sales

Point of Sales memiliki banyak sekali manfaat bagi manajemen transaksi penjualan suatu produk usaha. Berikut ini beberapa manfaatnya.

Memudahkan Proses Pemesanan

Kini, sudah banyak tempat usaha atau toko yang menggunakan smartphone atau tablet sebagai alat bantu proses pemesanan produk. Sistem ini masuk ke dalam Point of Sales dengan segala kemudahan dalam setiap fitur dan menu yang ditampilkan.

Dampaknya, terjadi pada kemudahan dalam memilih, membayar atau bahkan menambah pesanan tanpa perlu kita memanggil pramusaji secara langsung seperti yang biasa kita lakukan. Cukup mengakses aplikasi POS, maka makanan tersebut akan datang sesuai dengan pesanan pelanggan.

Tercipta Fleksibilitas yang Baik

Kehadiran POS membuat sistem pembayaran tidak hanya berfokus pada satu metode saja. Melainkan, bisa kita lakukan dalam berbagai metode baik secara tunai, non tunai maupun menggunakan kartu debit atau kredit.

Dengan perhitungan secara otomatis, maka kasir jadi tidak perlu lagi menghitung secara manual terkait uang pengembalian. Sehingga, hal ini akan mempercepat proses transaksi dan terhindari dari antrian yang panjang.

Proses Transaksi Lebih Terstruktur

Manfaat terakhir ialah segala proses transaksi yang mulai dari tahap pembukuan, penyusunan laporan dan manajemen inventory atau stok barang bisa terakomodasi dengan baik melalui aplikasi.

Jadi, kita hanya perlu mengatur serta mengakses aplikasi melalui perangkat komputer secara online. Tak hanya itu saja, Point of Sales juga bisa mencetak struk pembelian bagi pelanggan atau customer dengan cepat dan akurat.

Nah, demikianlah ulasan terkait pengertian dan manfaat dari Point of Sales bagi kemudahan transaksi dalam berbisnis. Untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang POS atau hal-hal berbau bisnis lainnya, silakan berkunjung ke blog.qasir.id. Semoga bermanfaat!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.